+ Reply to Thread
Results 1 to 16 of 16

Thread: tentang Thermostat

  1. #1
    DS6.'s Avatar
    DS6. is offline SuperModel :p DS6. gak bisa hidup tanpa ferio DS6. gak bisa hidup tanpa ferio
    Join Date
    May 2011
    Location
    Kota Satria
    Posts
    444

    tentang Thermostat

    Om Om semuah...
    nubie mohon petunyuk nya donk, sebenernya mendingan pake thermostat apa ga sih? soalnya bengkel ane ngeyel nyopot thermostat ferio ane
    padahal pan menilik dr fungsi dan cara kerjanya kan, thermostat berguna biar coolant radiator berhenti sejenak di radiator biar dingin, nah pasti kan bermanfaat banget kan kalo ferio kita lebih sering jalan pelan kalo di dalam kota. now imagine wether there's no thermostat, coolant panas bakal muter2 terus dalam mesin tanpa sempet ngadem sebentar di radiator kan? tapi bengkel ane tetep keukeuh dgn pendapatnya, tanpa thermostat hasilnya mesin lebih dingin.
    Nah...so sebaiknya gimana donk??
    thanksss yaaa...
    -rising the spirit (again)-

  2. #2
    dmaz_mez's Avatar
    dmaz_mez is offline Ferio Lover dmaz_mez seorang penyayang ferio :o
    Join Date
    Jul 2011
    Location
    medan
    Posts
    216
    nubi mencoba jawab ,,
    kalo menurut ane om , kalo selama tempratur mobil ga masalah (sering panas) sebaiknya tetap dipake aja om ..
    kalo seandainya mesin emang seri panas kemukinan sirkulasi air ga beres om , bisa akibat radiator yg kotor dsb ,,
    nah kalo mau cari aman trus mesin adem trus ya di copot aja tuh termostart,,
    kalo pengaruh sih ane rasa ga banyak , cuma masalah buka-tutup doank om ..

  3. #3
    jawir29's Avatar
    jawir29 is offline madu & racun jawir29 ferio nya akan terkenal jawir29 ferio nya akan terkenal
    Join Date
    May 2011
    Location
    Alamat Palsu
    Posts
    537
    d indonesia ga ad musim dingin jdi gpp d copot juga.. d indo cuman ada nya musim panas ama musim kawin
    Never ending story . . . .

  4. #4
    Mugeni's Avatar
    Mugeni is offline Ferio Maniac Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of
    Join Date
    May 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    3,113
    Kalo menurut nubie nih ya... setiap mobil dalam kondisi standar umumnya spesifikasi pabrikan sudah menyusaikan dengan negara atau tepatnya iklim di negara ybs. Namun, di kita sering banget montir yang suka main copot thermostat. Yang paling simpel sebenernya untuk mengetahui efeknya sama mesin kita adalah 'bacaan' sensor2 yang ada jadi ngaco...misalnya aja sensor buat extra fan... saat themorstat dicopot maka suhu ideal untuk menyalakan extra menjadi berbeda alias kurang pas.

    Sebenerny apa sih fungsi thermostat? yang berhasil nubi dapet dari mbah gugel adalah

    Thermostat berfungsi mempercepat tercapainya temperatur kerja (suhu ideal) mesin dan kemudian mempertahankan suhu ideal mesin tersebut. Suhu ideal mesin menjamin optimisasi performa/kinerja mesin (pembakaran BBM pada suhu ideal).

    Jadi bagi nubi, setiap komponen yang terpsang pada kendaraan tentunya memiliki fungsi yang saling memiliki keterkaitan dengan komponen lainnya.

    Terakhir, mohon maaf kalo nubi sotoy. hehe. mohon maaf juga kalo ada yang salah. mohon koreksinya dari para mastah disini.

  5. #5
    DS6.'s Avatar
    DS6. is offline SuperModel :p DS6. gak bisa hidup tanpa ferio DS6. gak bisa hidup tanpa ferio
    Join Date
    May 2011
    Location
    Kota Satria
    Posts
    444
    Quote Originally Posted by dmaz_mez View Post
    nubi mencoba jawab ,,
    kalo menurut ane om , kalo selama tempratur mobil ga masalah (sering panas) sebaiknya tetap dipake aja om ..
    kalo seandainya mesin emang seri panas kemukinan sirkulasi air ga beres om , bisa akibat radiator yg kotor dsb ,,
    nah kalo mau cari aman trus mesin adem trus ya di copot aja tuh termostart,,
    kalo pengaruh sih ane rasa ga banyak , cuma masalah buka-tutup doank om ..
    nah masalahnya yg semacam ane gini seringnya bw mobil pelan Om, coz lebih sering jalan dalam kota. keliatan bgt bedanya kalo buat jalan cepet (misalnya pas lg keluar kota).
    Quote Originally Posted by jawir29 View Post
    d indonesia ga ad musim dingin jdi gpp d copot juga.. d indo cuman ada nya musim panas ama musim kawin
    punya ente juga dilepas jg yah kalo ga salah???
    Quote Originally Posted by aks_1590af View Post
    Kalo menurut nubie nih ya... setiap mobil dalam kondisi standar umumnya spesifikasi pabrikan sudah menyusaikan dengan negara atau tepatnya iklim di negara ybs. Namun, di kita sering banget montir yang suka main copot thermostat. Yang paling simpel sebenernya untuk mengetahui efeknya sama mesin kita adalah 'bacaan' sensor2 yang ada jadi ngaco...misalnya aja sensor buat extra fan... saat themorstat dicopot maka suhu ideal untuk menyalakan extra menjadi berbeda alias kurang pas.

    Sebenerny apa sih fungsi thermostat? yang berhasil nubi dapet dari mbah gugel adalah

    Thermostat berfungsi mempercepat tercapainya temperatur kerja (suhu ideal) mesin dan kemudian mempertahankan suhu ideal mesin tersebut. Suhu ideal mesin menjamin optimisasi performa/kinerja mesin (pembakaran BBM pada suhu ideal).

    Jadi bagi nubi, setiap komponen yang terpsang pada kendaraan tentunya memiliki fungsi yang saling memiliki keterkaitan dengan komponen lainnya.

    Terakhir, mohon maaf kalo nubi sotoy. hehe. mohon maaf juga kalo ada yang salah. mohon koreksinya dari para mastah disini.
    ini mastah koq ngaku nubie sih
    ane sih setubuh bgt ama pendapat Om Akbay, however, semuanya pasti kan udah didesain sedemikian rupa yah sama para tukang insinyur jepun sana
    FYI, kalo liat di panel indikator suhu ane, bisa keliatan bgt perbedaan suhu seiring dengan perbedaan kecepatan mobil (meskipun masih dikisaran tengah-tengah). ini berarti kan suhu kerja mesin ga optimal ya?
    ohh iya satu lagi, sama orang bengkel juga, ane ditawarin ngerubah fan radiator di paralel ke fan kondensor AC, jd kalo fan AC nyala fan radiator jg ikut nyala. kira-kira manfaat dan mudharatnya lebih banyak mana yaa???
    -rising the spirit (again)-

  6. #6
    Mugeni's Avatar
    Mugeni is offline Ferio Maniac Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of
    Join Date
    May 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    3,113
    Quote Originally Posted by DS6. View Post
    nah masalahnya yg semacam ane gini seringnya bw mobil pelan Om, coz lebih sering jalan dalam kota. keliatan bgt bedanya kalo buat jalan cepet (misalnya pas lg keluar kota).

    punya ente juga dilepas jg yah kalo ga salah???

    ini mastah koq ngaku nubie sih
    ane sih setubuh bgt ama pendapat Om Akbay, however, semuanya pasti kan udah didesain sedemikian rupa yah sama para tukang insinyur jepun sana
    FYI, kalo liat di panel indikator suhu ane, bisa keliatan bgt perbedaan suhu seiring dengan perbedaan kecepatan mobil (meskipun masih dikisaran tengah-tengah). ini berarti kan suhu kerja mesin ga optimal ya?
    ohh iya satu lagi, sama orang bengkel juga, ane ditawarin ngerubah fan radiator di paralel ke fan kondensor AC, jd kalo fan AC nyala fan radiator jg ikut nyala. kira-kira manfaat dan mudharatnya lebih banyak mana yaa???

    Manfaat sih yang pasti secara logika mesin akan lebih dingin... tapi dingin dalam artian apa.? karena kalo normalnya kan masing - masing fan memiliki fungsi sendiri2...dan dari pabrikan memang sudah dirancang seperti itu. simple - nya..knp sama pabrikan gak dibikin pake fan yang gede atau lebih kenceng rpm - nya jadi bisa mencover 2 fungsi.. ?

    Jadi menurut nubi..kalo mesin standar rasanya gak perlu diapa2in deh.....cmiiw

  7. #7
    masbob's Avatar
    masbob is offline Ferio Addict masbob seorang penyayang ferio :o
    Join Date
    May 2011
    Location
    Cibubur-Bogor
    Posts
    627
    Quote Originally Posted by jawir29 View Post
    d indonesia ga ad musim dingin jdi gpp d copot juga.. d indo cuman ada nya musim panas ama musim kawin
    Quote Originally Posted by aks_1590af View Post
    Kalo menurut nubie nih ya... setiap mobil dalam kondisi standar umumnya spesifikasi pabrikan sudah menyusaikan dengan negara atau tepatnya iklim di negara ybs. Namun, di kita sering banget montir yang suka main copot thermostat. Yang paling simpel sebenernya untuk mengetahui efeknya sama mesin kita adalah 'bacaan' sensor2 yang ada jadi ngaco...misalnya aja sensor buat extra fan... saat themorstat dicopot maka suhu ideal untuk menyalakan extra menjadi berbeda alias kurang pas.

    Sebenerny apa sih fungsi thermostat? yang berhasil nubi dapet dari mbah gugel adalah

    Thermostat berfungsi mempercepat tercapainya temperatur kerja (suhu ideal) mesin dan kemudian mempertahankan suhu ideal mesin tersebut. Suhu ideal mesin menjamin optimisasi performa/kinerja mesin (pembakaran BBM pada suhu ideal).

    Jadi bagi nubi, setiap komponen yang terpsang pada kendaraan tentunya memiliki fungsi yang saling memiliki keterkaitan dengan komponen lainnya.

    Terakhir, mohon maaf kalo nubi sotoy. hehe. mohon maaf juga kalo ada yang salah. mohon koreksinya dari para mastah disini.
    yg dibiling om jawir sama om apakabar bener...
    thermostat sebenernya dibuat untuk pasaran eropa yg cenderung memiliki musim dingin, agar pada saat menyalakan mobil ga perlu waktu lama untuk memanaskan mesin, sedangkan penggunaan pada kendaraan ferio kita ini sebenernya tidak diperlukan, memang pabrikan sudah memperhitungkan fungsi termostat tersebut, tapi kondisi di indonesia memiliki cuaca cenderung panas krn deket equator...
    permasalahannya, dengan kondisi normal pabrikan seharusnya tidak memiliki masalah dengan adanya termostat, suhu akan stabil, tapi kalau bermasalah berarti memang ada masalah di seputaran jalur air, seharusnya sambil di cek juga..
    untuk ferio daily daku copot biar jalur air ke radiator lebih cepat dan lebih dingin......

  8. #8
    Mugeni's Avatar
    Mugeni is offline Ferio Maniac Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of
    Join Date
    May 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    3,113
    Quote Originally Posted by masbob View Post
    yg dibiling om jawir sama om apakabar bener...
    thermostat sebenernya dibuat untuk pasaran eropa yg cenderung memiliki musim dingin, agar pada saat menyalakan mobil ga perlu waktu lama untuk memanaskan mesin, sedangkan penggunaan pada kendaraan ferio kita ini sebenernya tidak diperlukan, memang pabrikan sudah memperhitungkan fungsi termostat tersebut, tapi kondisi di indonesia memiliki cuaca cenderung panas krn deket equator...
    permasalahannya, dengan kondisi normal pabrikan seharusnya tidak memiliki masalah dengan adanya termostat, suhu akan stabil, tapi kalau bermasalah berarti memang ada masalah di seputaran jalur air, seharusnya sambil di cek juga..
    untuk ferio daily daku copot biar jalur air ke radiator lebih cepat dan lebih dingin......
    Semakin cerah.....

  9. #9
    masbob's Avatar
    masbob is offline Ferio Addict masbob seorang penyayang ferio :o
    Join Date
    May 2011
    Location
    Cibubur-Bogor
    Posts
    627
    Quote Originally Posted by aks_1590af View Post
    Semakin cerah.....
    Semakin ngebut maticnya, heheheheee

  10. #10
    Mugeni's Avatar
    Mugeni is offline Ferio Maniac Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of
    Join Date
    May 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    3,113
    Quote Originally Posted by masbob View Post
    Semakin ngebut maticnya, heheheheee
    wew..... btw..ane masih pake tuh thermosnya om...suka berasa gak yakin aja kalo ada yang dihilangkan dari yang mustinya ada...hehehe...*sindromenubitol

  11. #11
    masbob's Avatar
    masbob is offline Ferio Addict masbob seorang penyayang ferio :o
    Join Date
    May 2011
    Location
    Cibubur-Bogor
    Posts
    627
    Quote Originally Posted by aks_1590af View Post
    wew..... btw..ane masih pake tuh thermosnya om...suka berasa gak yakin aja kalo ada yang dihilangkan dari yang mustinya ada...hehehe...*sindromenubitol
    Iya gpp om kalau ga merasa yakin, nanti juga ketemu ko yg terbaik gmana, krn prinsip kerjanya menghambat jalur air ke tempat pendinginan radiator, secara otomatis mempercepat mesin panas tapi stabil, kan selama kondisi kendaraan masih normal pabrikan dengan rata2 kompresi 9 koma di ruang bakar ga memerlukan kinerja lebih untuk system pendinginan, lain cerita kalau sudah naik kompresi deh,,,, heheheheee

  12. #12
    Mugeni's Avatar
    Mugeni is offline Ferio Maniac Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of Mugeni has much to be proud of
    Join Date
    May 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    3,113
    Quote Originally Posted by masbob View Post
    Iya gpp om kalau ga merasa yakin, nanti juga ketemu ko yg terbaik gmana, krn prinsip kerjanya menghambat jalur air ke tempat pendinginan radiator, secara otomatis mempercepat mesin panas tapi stabil, kan selama kondisi kendaraan masih normal pabrikan dengan rata2 kompresi 9 koma di ruang bakar ga memerlukan kinerja lebih untuk system pendinginan, lain cerita kalau sudah naik kompresi deh,,,, heheheheee
    Betul om... kan secara mesin ane masih standar ting-ting ...

  13. #13
    Sepun's Avatar
    Sepun is offline

    Nubiieee

    Sepun is an unknown quantity at this point
    Join Date
    Jan 1970
    Location
    Indonesia
    Posts
    9
    Betul om... kan secara mesin ane masih standar ting-ting ...

  14. #14
    jawir29's Avatar
    jawir29 is offline madu & racun jawir29 ferio nya akan terkenal jawir29 ferio nya akan terkenal
    Join Date
    May 2011
    Location
    Alamat Palsu
    Posts
    537
    Quote Originally Posted by aks_1590af View Post
    Semakin cerah.....
    Quote Originally Posted by masbob View Post
    Semakin ngebut maticnya, heheheheee
    Quote Originally Posted by a.pramukti View Post
    Betul om... kan secara mesin ane masih standar ting-ting ...
    apaan ini standar2 boong bgt whahahaha...
    jadi syapa yg muke nye standar? wkwkwkw
    Never ending story . . . .

  15. #15
    masbob's Avatar
    masbob is offline Ferio Addict masbob seorang penyayang ferio :o
    Join Date
    May 2011
    Location
    Cibubur-Bogor
    Posts
    627
    Quote Originally Posted by jawir29 View Post
    apaan ini standar2 boong bgt whahahaha...
    jadi syapa yg muke nye standar? wkwkwkw
    Nah ntu dia kang, mukenye standar jeroan suwep,,,, wuaaaaaaaa

  16. #16
    mayoteko is offline Ferio Owner mayoteko seorang penyayang ferio :o
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    2
    ikut nimbrung ya om,,gw juga dicopot thremosnya terus pake selang buntu,,,lumayan adem temperaturnya om,,,di indikator turun dikit ketimbang sebelumnya..

+ Reply to Thread

Posting Permissions