PDA

View Full Version : All about Automatic Car - Ferio



akbar
16-09-2011, 09:34 AM
Temans...yuk kita berbagi elmu dan pengalaman selama menggunakan mobil matic khususnya Ferio:)


Tips mengemudikan mobil matik

MOBIL bertransmisi otomatis memiliki perbedaan mendasar dengan mobil manual, mulai dari bentuk fisik persneling, pengoperasian, hingga karakter laju mobil.

Pada mobil manual, terdapat tiga pedal pengendali di lantai mobil, yakni pedal gas, rem, dan kopling. Gas dan rem diinjak kaki kanan dan kopling dengan kaki kiri. Sedangkan pada mobil matik hanya dua pedal, yakni gas dan rem. Keberadaan dua pedal sering membuat orang salah menginjak rem dengan kaki kiri dan gas dengan kaki kanan.

Seharusnya kedua pedal itu tetap dioperasikan dengan kaki kanan. Mobil matik mengharuskan kaki kiri pengemudi nganggur sepanjang perjalanan. Menginjak pedal rem dan gas pada saat bersamaan bisa merusak transmisi matik karena kopling dalam kondisi berputar, tetapi daya geraknya ditahan.

Alih-alih menunjukkan posisi gigi 1, 2, 3, 4, 5, dan R seperti pada mobil manual, tongkat transmisi matik menunjukkan posisi P (park/parkir), R (reverse/mundur), N (neutral/netral), dan D (drive/jalan ke depan) secara berurutan. Pada beberapa mobil, kombinasi ini ditambah posisi D1 atau S dan D2 atau L (mobil bergerak, tetapi ditahan pada gigi 1 atau 2, dibutuhkan saat tanjakan terjal, turunan tajam, atau melintasi kondisi jalan licin).

Biasakan men-start mesin mobil dengan persneling pada posisi P dibarengi menginjak rem (pada beberapa mobil, mesin tak bisa di-start bila posisi persneling tak di P dan rem tak diinjak). Selalu injak rem saat memindah persneling dari posisi P atau N ke posisi R atau D karena begitu persneling berada di posisi R atau D, mobil langsung bergerak. Saat mobil berhenti agak lama, misalnya di lampu merah atau macet, jangan biasakan menahan rem pada posisi di P. Ini akan merusak transmisi. Usahakan pindah ke posisi N saat berhenti.

Perpindahan gigi secara otomatis membuat pengemudi yang belum terbiasa akan bingung saat membutuhkan pindah gigi guna mendapat tenaga atau akselerasi, misalnya menyalip mobil. Dalam kondisi ini, gunakan fungsi kick down (menekan pedal gas dalam-dalam), maka gigi persneling otomatis turun dan mobil mendapat akselerasi.

Pada mobil-mobil terbaru, perpindahan gigi dilakukan secara elektronik sehingga bisa dipindah ke mode semi-otomatis. Mode diberi nama berbeda bergantung pada merek mobil, misalnya Tiptronic pada Porsche, multitronic dan S-Tronic pada Audi, dan Activematic pada Mazda. Namun, prinsip kerjanya sama, pengemudi bisa memindahkan gigi secara manual pada mode M (manual) dengan menggerakkan tongkat persneling ke posisi (+) untuk pindah ke gigi lebih tinggi dan posisi (-) untuk gigi lebih rendah.

Dikutip dari beberapa sumber

Sepun
16-09-2011, 10:05 AM
Wow nice share om.. *kaskusjunkmode om
:ngakak

================================
Emang buat jalanan jakarta lebih nyaman matik bar... Cm kadang2 pasti gatel pengen sensasi manual n begitu jg sebaliknya yg pake manual.... hhhhh emang manusia ga ada puasnya :hammer:

pangerancoklat
16-09-2011, 10:33 AM
Wow nice share om.. *kaskusjunkmode om
:ngakak

================================
Emang buat jalanan jakarta lebih nyaman matik bar... Cm kadang2 pasti gatel pengen sensasi manual n begitu jg sebaliknya yg pake manual.... hhhhh emang manusia ga ada puasnya :hammer:

nice info gan,, ane pernah pake matic dulu tp bukan ferioh,, :D

@adi,, iya sensasi manual tu gimana gitu,, bisa gas geber2 :ngakak :ngakak

akbar
16-09-2011, 07:08 PM
Wow nice share om.. *kaskusjunkmode om
:ngakak

================================
Emang buat jalanan jakarta lebih nyaman matik bar... Cm kadang2 pasti gatel pengen sensasi manual n begitu jg sebaliknya yg pake manual.... hhhhh emang manusia ga ada puasnya :hammer:

Setubuh om... dulu saat awal mau ambil ferio juga 50:50 antara manual dan matic... tpi akhirnya condong ke matic krn mostly dijakarta.....

bener tuh ..yang paling gatel kalo lagi keluar kota... pengen di bejekkkkkkk

nice info gan,, ane pernah pake matic dulu tp bukan ferioh,, :D

@adi,, iya sensasi manual tu gimana gitu,, bisa gas geber2 :ngakak :ngakak


Yoai....sensasinya beda... tapi salah satu keuntungan pake matic ..makanya elo dulu pake biar gampang kalo pacaran ya....hahahahaha

DS6.
16-09-2011, 08:48 PM
Wow nice share om.. *kaskusjunkmode om


================================
Emang buat jalanan jakarta lebih nyaman matik bar... Cm kadang2 pasti gatel pengen sensasi manual n begitu jg sebaliknya yg pake manual.... hhhhh emang manusia ga ada puasnya :hammer:
yaw udah kalo gitu beli Ferio 2 biji, yg satu A/T yg satunya lagi M/T, gimana? masalah terpecahkan kan??? :metal:

nice info gan,, ane pernah pake matic dulu tp bukan ferioh,,

@adi,, iya sensasi manual tu gimana gitu,, bisa gas geber2 :ngakak
ane juga pake matic neh....motor tapi :hammer::hammer: :ngakak

Setubuh om... dulu saat awal mau ambil ferio juga 50:50 antara manual dan matic... tpi akhirnya condong ke matic krn mostly dijakarta.....

bener tuh ..yang paling gatel kalo lagi keluar kota... pengen di bejekkkkkkk



Yoai....sensasinya beda... tapi salah satu keuntungan pake matic ..makanya elo dulu pake biar gampang kalo pacaran ya....hahahahaha
nais inpoh Gan http://static.kaskus.us/images/smilies/jempol1.gif cek kulkasnya dah biar segerrrr http://static.kaskus.us/images/smilies/cendols.gif

akbar
16-09-2011, 11:02 PM
yaw udah kalo gitu beli Ferio 2 biji, yg satu A/T yg satunya lagi M/T, gimana? masalah terpecahkan kan??? :metal:

ane juga pake matic neh....motor tapi :hammer::hammer: :ngakak

nais inpoh Gan http://static.kaskus.us/images/smilies/jempol1.gif cek kulkasnya dah biar segerrrr http://static.kaskus.us/images/smilies/cendols.gif

Ngeceknye begimane nam...? trus gw perhatiin status gue juga jadi tukang ngeramein.....:ngakak

Thx ya om anam atas penghibahan cendolnya..trus kalo dimari bisa nimpuk ijo2 kalo dah mosting berapa?

DS6.
17-09-2011, 06:23 AM
Ngeceknye begimane nam...? trus gw perhatiin status gue juga jadi tukang ngeramein.....:ngakak

Thx ya om anam atas penghibahan cendolnya..trus kalo dimari bisa nimpuk ijo2 kalo dah mosting berapa?
buat cek kulkas klik tab "setting" di pojok kanan atas (sebelahan ama tab "log out"), nanti disitu ada page info latest reputation received.
bwahahaha...emang Om Aks biang keramaian sih...kalo kata Om Juragan Adi mah "ga ada loe ga rame" tuh bwakakakak :ngakak
spesial buat Om Aks langsung ISO dah....:maho:

akbar
17-09-2011, 11:41 PM
buat cek kulkas klik tab "setting" di pojok kanan atas (sebelahan ama tab "log out"), nanti disitu ada page info latest reputation received.
bwahahaha...emang Om Aks biang keramaian sih...kalo kata Om Juragan Adi mah "ga ada loe ga rame" tuh bwakakakak :ngakak
spesial buat Om Aks langsung ISO dah....:maho:

Nah kalo nimpuk balik piye?
:confused:

akbar
17-09-2011, 11:49 PM
Merawat mobil matik

Permintaan akan pasar mobil matik sekarang ini semakin bertambah, dengan diluncurkannya beberapa varian mobil matik oleh ATPM pada tahun 2010 ini.

Untuk daerah yang memang terkenal dengan kemacetannya seperti di Jakarta, mobil matik bisa menjadi pilihan terutama buat para wanita yang menginginkan kenyamanan yang lebih pada saat terjebak di kemacetan. Semua itu juga akan terwujud jika perawatan yang dilakukan sesuai dengan prosedurnya, bagian yang paling butuh perawatan di mobil matik adalah perangkat perseneling terutama gearbox.

Didalam gearbox matik ada yang namanya Automatic Transmission Fluid (ATF), yaitu fluida yang berfungsi tidak hanya untuk melumasi. Prinsip hidrolis dalam gearbox matic perlu mediator, terutama untuk mengatur perpindahan gigi dan merapatkan plat kopling.

Jadi,kalau viskositas/kekentalannya turun, maka tekanan yang dihasilkan juga bakal berkurang. Gejala awal yang bisa dirasakan antara lain tarikan awalnya jadi lelet, perpindahan gigi jadi lambat. Jika hal tersebut terjadi maka Fluida matik sudah harus diganti, selain tingkat kekentalannya turun, kerja pompa oli yg bersistem mekanis juga akan terganggu. Pasalnya, tidak ada proses pembakaran di transmisi matik, turunnya viskositas fluida disebabkan kontaminasi akibat masa pakai.

Untuk gejala kerusakan pada transmisi matik bisa dirasakan dari slip kopling. Biasanya terjadi ketidakseimbangan putaran mesin dengan laju mobil. Mesin sudah meraung di putaran tinggi, tetapi mobil berjalan dengan laju yang tidak seimbang dengan deru suara mesin. Perpindahan gigi persneling juga menyentak, tak halus seperti biasa.

Ini bisa dicek dengan memasukkan persneling ke posisi D atau R, kemudian lepaskan pedal rem, bila mobil langsung bergerak maka mobil masih dalam keadaan yang sehat dan jika tidak kemungkinan ada masalah pada transmisi automatic-nya.

Untuk perawatan plat kopling mobil matik agar tidak cepat rusak, jangan posisikan tuas persneling pada saat parkir di posisi P (park) sebelum mobil berhenti tepat dan jangan biarkan tuas persneling di posisi D (drive) pada saat sudah terparkir.

Sumber : situsotomotif.com

akbar
17-09-2011, 11:54 PM
Deteksi Transmisi Matic Mobil Bekas, Lihat Dan Pakai Feeling!


Membeli mobkas bertransmisi otomatis tak semudah mobil manual. Selain melihat langsungkondisi fisiknya, beberapa penilaian memerlukan feeling kuat

Mobil bertransmisi otomatis memang menarik berkat kenyamanan berkendara yang ditawarkan. Namun membeli mobkas bertransmisi otomatis membutuhkan kejelian dan feeling kuat untuk mendeteksi problem pada transmisinya.
Sehingga biaya reparasi yang jauh lebih mahal dibanding transmisi manual tidak perlu ditanggung setelah Anda membelinya.

Artinya, untuk menentukan layak atau tidaknya sebuah mobkas matik Anda beli, perlu ada tinjauan yang seksama. Baik dengan melihat langsung atau melakukan test drive. Ada beberapa tips khusus untuk mendeteksi kondisi transmisi mobkas.

Lihat dan cermati

Periksa bagian kolong transmisi, dan pastikan tak ada kebocoran oli. Memang ada kemungkinan rembesan oli sudah dibersihkan lebih dulu oleh penjual mobil tapi biasanya kebocoran ini tetap bisa dideteksi.

Kesehatan transmisi juga bisa diketahui melalui kondisi oli transmisi otomatis (ATF). Silakan cermati warna, bau, dan kandungan olinya. Cabut dipstick oli transmisi dan perhatikan kondisi cairannya.

Oli transmisi seharusnya berbau normal. Jika baunya menyengat, maka sudah banyak kandungan kontaminan pada oli. Bahkan bisa jadi ini merupakan indikasi Anda harus melakukan overhaul transmisi. Adanya kontaminan pada oli juga bisa Anda rasakan dengan jari tangan. Jika Anda merasakan ada gram, maka ada serpihan logam yang tercampur dengan oli.

WARNA OLI INDIKASI TINDAKAN
Bening / kemerahan Normal -
Kecokelatan Kampas kopling mulai aus Ganti oli ATF
Hitam Kampas kopling habis Overhaul transmisi


Rasakan dan pahami

Dengan melakukan test drive mobkas, Anda bisa mendapati banyak hal. Salah satunya adalah performa dari transmisi otomatis. Beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Coba semua fungsi perpindahan tuas transmisi. Pada kondisi mesin menyala sambil menginjak pedal rem, coba pindahkan tuas transmisi ke semua posisi. Jika kondisinya masih normal, tuas akan berpindah dengan mudah. Tidak muncul entakan yang keras.

Andai muncul entakan keras, selain karena ada kerusakan pada komponen seperti mekanisme internal dari tuas, juga bisa terjadi akibat ECU yang rusak. Mobil ini jelas perlu dihindari. Karena tingginya biaya untuk reparasi transmisi maupun mengganti ECU tidak jauh berbeda.

2. Pastikan ketika transmisi melakukan perpindahan gigi secara otomatis, tuas tidak terasa bergetar. Perhatikan juga indikator posisi gigi pada panel instrumen sesuai dengan posisi tuas atau tidak.

3. Anda juga dapat merasakan jeda waktu yang muncul sejak tuas dipindahkan hingga transmisi memberi respons. Dalam kondisi normal, jeda waktu tak lebih dari 2 detik.

4. Transmisi otomatis memiliki beberapa perbandingan gigi. Sebaiknya Anda menguji responsnya ketika melaju dari semua tingkat percepatan itu. Pastikan respon ketika Anda melakukan kickdown dengan cara menginjak penuh pedal gas berlangsung cepat.

5. Transmisi CVT tidak mengalami perpindahan gigi berkat penerapan dua buah puli yang terhubung dengan belt. Jika Anda tidak merasakan kehalusan ketika berakselerasi, maka bisa dipastikan transmisi itu sudah bermasalah.

6. Coba pindahkan tuas ke L atau 1, lalu jalankan mobil hingga 3.000 rpm. Pada kondisi transmisi masih normal, rasakan bila ada getaran bodi yang berlebihan.

7. Untuk menguji slip, Anda dapat mengendarainya mobil melewati jalan menanjak. Jika masih normal, slip yang terjadi sangat minim. Jika Anda mendapati putaran mesin naik tapi tidak selaras dengan pertambahan kecepatan, maka transmisi sudah mengalami slip. Jika slip sudah berlebih, mobil pun sulit untuk menanjak.

8. Mengajak teman yang sudah familier dengan mobkas incaran Anda menjadi solusi lebih efektif ketika test drive ketimbang mengajak mekanik. Terlebih jika teman Anda memiliki mobil yang sama sejak baru. Karena teman Anda sudah hafal, ia dapat menggunakan feeling-nya untuk merasakan apakah performa transmisinya masih normal atau tidak.

Sumber: otomotifnet.com

pangerancoklat
19-09-2011, 10:42 AM
Setubuh om... dulu saat awal mau ambil ferio juga 50:50 antara manual dan matic... tpi akhirnya condong ke matic krn mostly dijakarta.....

bener tuh ..yang paling gatel kalo lagi keluar kota... pengen di bejekkkkkkk

Yoai....sensasinya beda... tapi salah satu keuntungan pake matic ..makanya elo dulu pake biar gampang kalo pacaran ya....hahahahaha
:ngakak nah justu itu kan ketauan yang pake matic tujuannya buat apa :ngakak

Ngeceknye begimane nam...? trus gw perhatiin status gue juga jadi tukang ngeramein.....:ngakak

Thx ya om anam atas penghibahan cendolnya..trus kalo dimari bisa nimpuk ijo2 kalo dah mosting berapa?
ini malah bahas cendol dimari :tabok:

Nah kalo nimpuk balik piye?
:confused:
ini juga :tabok:

Deteksi Transmisi Matic Mobil Bekas, Lihat Dan Pakai Feeling!


Membeli mobkas bertransmisi otomatis tak semudah mobil manual. Selain melihat langsungkondisi fisiknya, beberapa penilaian memerlukan feeling kuat

Mobil bertransmisi otomatis memang menarik berkat kenyamanan berkendara yang ditawarkan. Namun membeli mobkas bertransmisi otomatis membutuhkan kejelian dan feeling kuat untuk mendeteksi problem pada transmisinya.
Sehingga biaya reparasi yang jauh lebih mahal dibanding transmisi manual tidak perlu ditanggung setelah Anda membelinya.

Artinya, untuk menentukan layak atau tidaknya sebuah mobkas matik Anda beli, perlu ada tinjauan yang seksama. Baik dengan melihat langsung atau melakukan test drive. Ada beberapa tips khusus untuk mendeteksi kondisi transmisi mobkas.

Lihat dan cermati

Periksa bagian kolong transmisi, dan pastikan tak ada kebocoran oli. Memang ada kemungkinan rembesan oli sudah dibersihkan lebih dulu oleh penjual mobil tapi biasanya kebocoran ini tetap bisa dideteksi.

Kesehatan transmisi juga bisa diketahui melalui kondisi oli transmisi otomatis (ATF). Silakan cermati warna, bau, dan kandungan olinya. Cabut dipstick oli transmisi dan perhatikan kondisi cairannya.

Oli transmisi seharusnya berbau normal. Jika baunya menyengat, maka sudah banyak kandungan kontaminan pada oli. Bahkan bisa jadi ini merupakan indikasi Anda harus melakukan overhaul transmisi. Adanya kontaminan pada oli juga bisa Anda rasakan dengan jari tangan. Jika Anda merasakan ada gram, maka ada serpihan logam yang tercampur dengan oli.

WARNA OLI INDIKASI TINDAKAN
Bening / kemerahan Normal -
Kecokelatan Kampas kopling mulai aus Ganti oli ATF
Hitam Kampas kopling habis Overhaul transmisi


Rasakan dan pahami

Dengan melakukan test drive mobkas, Anda bisa mendapati banyak hal. Salah satunya adalah performa dari transmisi otomatis. Beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Coba semua fungsi perpindahan tuas transmisi. Pada kondisi mesin menyala sambil menginjak pedal rem, coba pindahkan tuas transmisi ke semua posisi. Jika kondisinya masih normal, tuas akan berpindah dengan mudah. Tidak muncul entakan yang keras.

Andai muncul entakan keras, selain karena ada kerusakan pada komponen seperti mekanisme internal dari tuas, juga bisa terjadi akibat ECU yang rusak. Mobil ini jelas perlu dihindari. Karena tingginya biaya untuk reparasi transmisi maupun mengganti ECU tidak jauh berbeda.

2. Pastikan ketika transmisi melakukan perpindahan gigi secara otomatis, tuas tidak terasa bergetar. Perhatikan juga indikator posisi gigi pada panel instrumen sesuai dengan posisi tuas atau tidak.

3. Anda juga dapat merasakan jeda waktu yang muncul sejak tuas dipindahkan hingga transmisi memberi respons. Dalam kondisi normal, jeda waktu tak lebih dari 2 detik.

4. Transmisi otomatis memiliki beberapa perbandingan gigi. Sebaiknya Anda menguji responsnya ketika melaju dari semua tingkat percepatan itu. Pastikan respon ketika Anda melakukan kickdown dengan cara menginjak penuh pedal gas berlangsung cepat.

5. Transmisi CVT tidak mengalami perpindahan gigi berkat penerapan dua buah puli yang terhubung dengan belt. Jika Anda tidak merasakan kehalusan ketika berakselerasi, maka bisa dipastikan transmisi itu sudah bermasalah.

6. Coba pindahkan tuas ke L atau 1, lalu jalankan mobil hingga 3.000 rpm. Pada kondisi transmisi masih normal, rasakan bila ada getaran bodi yang berlebihan.

7. Untuk menguji slip, Anda dapat mengendarainya mobil melewati jalan menanjak. Jika masih normal, slip yang terjadi sangat minim. Jika Anda mendapati putaran mesin naik tapi tidak selaras dengan pertambahan kecepatan, maka transmisi sudah mengalami slip. Jika slip sudah berlebih, mobil pun sulit untuk menanjak.

8. Mengajak teman yang sudah familier dengan mobkas incaran Anda menjadi solusi lebih efektif ketika test drive ketimbang mengajak mekanik. Terlebih jika teman Anda memiliki mobil yang sama sejak baru. Karena teman Anda sudah hafal, ia dapat menggunakan feeling-nya untuk merasakan apakah performa transmisinya masih normal atau tidak.

Sumber: otomotifnet.com

woww... :wowcantik:

pituruh
19-09-2011, 06:04 PM
Temans...yuk kita berbagi elmu dan pengalaman selama menggunakan mobil matic khususnya Ferio:)


Tips mengemudikan mobil matik

Seharusnya kedua pedal itu tetap dioperasikan dengan kaki kanan. Mobil matik mengharuskan kaki kiri pengemudi nganggur sepanjang perjalanan. Menginjak pedal rem dan gas pada saat bersamaan bisa merusak transmisi matik karena kopling dalam kondisi berputar, tetapi daya geraknya ditahan.

Dikutip dari beberapa sumber

ane kok udah dapet 6 bulan ini nginjek rem pake kaki kiri, jadi praktis kaki kiri sekarang gak nganggur-nganggur juga, dikomporin sama Apre Kumis suruh begitu :hammer:

gimana tuh? asal timing pas nginjek rem gak bareng sama kaki kanan pas nge-gas harusnya aman tho?

akbar
19-09-2011, 06:17 PM
ane kok udah dapet 6 bulan ini nginjek rem pake kaki kiri, jadi praktis kaki kiri sekarang gak nganggur-nganggur juga, dikomporin sama Apre Kumis suruh begitu :hammer:

gimana tuh? asal timing pas nginjek rem gak bareng sama kaki kanan pas nge-gas harusnya aman tho?

Serius om pake kaki kiri? waktu pake manual aja ane pake kaki kanan om kan gak bisa pake kaki kiri karena nginjek kopling...hihihi

Tapi ane pernah nyoba sih... feelingnya gak bagus kali ya kaki kiri ane ..jadi hasilnya ngerem kayak mendadak trus om...

pituruh
20-09-2011, 01:05 PM
Serius om pake kaki kiri? waktu pake manual aja ane pake kaki kanan om kan gak bisa pake kaki kiri karena nginjek kopling...hihihi

Tapi ane pernah nyoba sih... feelingnya gak bagus kali ya kaki kiri ane ..jadi hasilnya ngerem kayak mendadak trus om...

Serius om...
alhamdulillah sih feelingnya udah enak, udah kaya waktu masih pake kaki kanan doang.
awal belajar kaki kiri di rem sih emang ndut-ndutan, penumpang sampe pada kumplin...
kadang ada kejadian kaki kiri neken rem, eh kaki kanan ikutan nginjek tu rem, yg ada pedal rem diinjek 2 kaki :hammer:

tapi sekarang malah jadinya kagok kalo kaki kanan lepas dari pedal gas, jadinya masing-masing kaki dedicated buat masing-masing pedal, hehehe:Peace:

Sepun
20-09-2011, 04:58 PM
Nginjek rem kaki kiri pake matik sih gpp selama ga ada niat pake manual dalam waktu deket :D Soalnya klo udah kebiasaan bakalan kagok lho om...
Pengalaman pribadi yee hehe...

Klo saran ane, tetep normal aja. Maksudnya kaki kiri kopling, kanan buat gas n rem. Klo matik berarti kurangin kaki kiri aja. Lagian klo pas panik rem mendadak pake kaki kiri eh taunya kanan masih nginjek gas. Panik, teken 2-2nya sekuat tenaga.. babar blas deh.... Buahayaaaa

pituruh
21-09-2011, 03:45 PM
Nginjek rem kaki kiri pake matik sih gpp selama ga ada niat pake manual dalam waktu deket :D Soalnya klo udah kebiasaan bakalan kagok lho om...
Pengalaman pribadi yee hehe...

Klo saran ane, tetep normal aja. Maksudnya kaki kiri kopling, kanan buat gas n rem. Klo matik berarti kurangin kaki kiri aja. Lagian klo pas panik rem mendadak pake kaki kiri eh taunya kanan masih nginjek gas. Panik, teken 2-2nya sekuat tenaga.. babar blas deh.... Buahayaaaa

saran yg top markotop...
berarti yg harus disiapkan sekarang adalah biaya bulanan tambahan, trus sewa sopir, duduk manis di belakang, jadi gak ribet lagi kaki kanan atau kiri deh, :ngakak

sayang ane bukan penggede kaya om AP, gak pantes pake sopir :hammer:

Sepun
22-09-2011, 09:27 AM
saran yg top markotop...
berarti yg harus disiapkan sekarang adalah biaya bulanan tambahan, trus sewa sopir, duduk manis di belakang, jadi gak ribet lagi kaki kanan atau kiri deh, :ngakak

sayang ane bukan penggede kaya om AP, gak pantes pake sopir :hammer:

Nah klo ntu full metik omjek...

Klo ane kan supir kantor om...:Peace:

pangerancoklat
22-09-2011, 10:20 AM
saran yg top markotop...
berarti yg harus disiapkan sekarang adalah biaya bulanan tambahan, trus sewa sopir, duduk manis di belakang, jadi gak ribet lagi kaki kanan atau kiri deh, :ngakak

sayang ane bukan penggede kaya om AP, gak pantes pake sopir :hammer:


Nah klo ntu full metik omjek...

Klo ane kan supir kantor om...:Peace:

udah udah ga usah ribut, menurut ane kaki kiri tu buat mangku cewe, trus tangan kiri nganggur juga buat apa dah tuh,,, apa aja boleh,, :ngakak :ngakak

akbar
22-09-2011, 10:36 AM
udah udah ga usah ribut, menurut ane kaki kiri tu buat mangku cewe, trus tangan kiri nganggur juga buat apa dah tuh,,, apa aja boleh,, :ngakak :ngakak

setuju...pokok e pake matic bisa mangku, grepe, gituan juga bisa yang penting pandngan kedepan masih bebas....tangan kiri gak ribet..kaki bisa sampe sisi kiri .... :genit:

pangerancoklat
22-09-2011, 10:37 AM
setuju...pokok e pake matic bisa mangku, grepe, gituan juga bisa yang penting pandngan kedepan masih bebas....tangan kiri gak ribet..kaki bisa sampe sisi kiri .... :genit:

ane pake manual masih bisa juga kok om...
bisa tu karna biasa :ngakak :ngakak

akbar
22-09-2011, 10:39 AM
ane pake manual masih bisa juga kok om...
bisa tu karna biasa :ngakak :ngakak

wew...waktu manual juga ane bisa..sambil bangku ditidurin ...kan pake autodrive :ngakak

pangerancoklat
22-09-2011, 10:40 AM
wew...waktu manual juga ane bisa..sambil bangku ditidurin ...kan pake autodrive :ngakak
dari bahas matic sampe jadi trid bb17++ :ngakak

akbar
22-09-2011, 10:42 AM
dari bahas matic sampe jadi trid bb17++ :ngakak

case closed ah...kembali ke opik eh topik..share pengalaman ente pake matik dulu yon...btw di tabloid otoxxxf hari ini ada selembar ototips about matik tuh

akbar
23-09-2011, 12:45 PM
Perawatan Transmisi Automatic, Ribet Gak Ya?

Merawat mobil bertransmisi otomatis tak sesulit yang dibayangkan banyak orang. Kuncinya adalah pengecekan serta penggantian oli transmisi (Automatic Transmission Fluid)

Kenali dan rawatlah mobil matik Anda untuk membuat performanya terus maksimal selama digunakan. Lakukan langkah tepat dan benar dalam memperlakukan mobil ‘nyaman’ ini. Kewajiban si empunya tidak sekadar menginjak pedal gas dan rem semata.

Cara mengemudi mobil matik yang tepat menjadi hal pertama yang bisa dilakukan. Mulai saat berada di garasi hingga beraksi di jalan, perlakuan driver terhadap transmisi otomatis menentukan kondisi komponen jerohan transmisi dalam kondisi baik.

Cerdas menggunakan transmisi matik saat beraksi seperti di tanjakan atau turunan, kemacetan, dan menyalip, merupakan modal yang baik bagi pengemudi.

Setelah perlakukan di jalan, perawatan yang benar juga dibutuhkan agar transmisi pintar ini tetap awet.




Cek ATF
Hampir sebagian besar kerusakan pada transpoter bertransmisi otomatis disebabkan oleh kelalaian penggantian oli ATF (Automatic Transmission Fluid). Tak heran kalau poin terpenting dalam perawatan matik adalah pengecekan serta penggantian oli transmisi (ATF).

Berdasarkan Buku Pedoman Pemilik Kendaraan, rentang jarak atau waktu pemakaian oli transmisi otomatis lebih panjang dibanding yang manual. Meskipun beban kerja ATF jauh lebih berat dari oli transmisi manual, yaitu menerima tekanan dan suhu tinggi, menerima gesekan pelat kopling, dan menjadi pelumas antar-roda gigi.

Umumnya oli transmisi manual memiliki rentang penggantian 20.000 kilometer. Sementara ATF alias oli transmisi otomatis bisa mencapai 50.000 kilometer. Malahan ada beberapa pabrikan mobil, terutama dari Eropa, mengklaim penggunaan ATF-nya hingga 100.000 kilometer atau 5 tahun pemakaian.

“Namun perlu dipertimbangkan untuk kondisi di Tanah Air, pemakaian ATF bisa terpangkas hingga maksimum 50.000 km. Selain kondisi di lapangan berupa iklim yang panas, faktor kemacetan juga memperpendek rentang itu,” jelas Tjahja Tandjung dari Toda, bengkel spesialis oli di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Secara teknis, ATF berada di 2 wadah di transmisi matik, yakni bak oli dan torque converter. Kalau hanya sekadar mengganti ATF di bak oli, kira-kira dibutuhkan antara 3 liter sampai 5 liter oli transmisi dan mesin dalam kondisi off.

Rentang penggantian ATF di bak penampung ini lebih pendek dari metode pembilasan yang mencakup keseluruhan, termasuk di torque converter. Untuk proses penggantian dengan pembilasan (flush) dibutuhkan ATF dengan jumlah jauh lebih banyak. Mobil konvesional seperti Toyota Avanza, Suzuki SX4, atau Nissan Grand Livina misalnya, membutuhkan ATF antara 8 liter hingga 10 liter.

Untuk menjamin kerja yang sempurna, kini pabrikan sudah menyediakan ATF bermerek sama dengan mobilnya, yang merupakan part genuine. Misalnya Nissan ATF D, Nissan ATF J (Navara), Nissan ATF CVT NS2V, Honda ATF, Honda CVTF, Toyota Genuine ATF, atau BMW.

Selain ATF original ini, di pasaran juga tersedia merek-merek lain dengan harga antara Rp 65 ribu sampai Rp 125 ribu per liter. Pilihlah oli dengan merek ternama atau yang bisa dipertanggung jawabkan kualitasnya.

Singkatnya, semakin peduli sang pemilik mobil terhadap kondisi ATF, semakin terjaga mekanisme kerja transmisi matik secara keseluruhan.

Cara mengecek oli transmisi matik
Dalam pemakaian mobil sehari-hari, perlu juga dilakukan pemeriksaan oli transmisi matik. Baik untuk melihat volume maupun memeriksa kondisi cairannya.

Ada beberapa mobil yang sudah tidak menggunakan dipstick di transmisinya. Untuk mobil seperti ini, satu-satunya cara memeriksanya adalah dengan memperhatikan lampu indikator di dasbornya. Biasanya ditandai dengan simbol roda gigi.

Berikut cara pemeriksaan ATF dengan metode manual yang bisa dilakukan sendiri.
• Periksa kondisi oli secara faktual melalui dipstick transmisi otomatis.

• Jumlah ATF di transmisi harus dilihat dalam dua kondisi: dingin dan panas. Dalam kondisi dingin (sebelum mobil dihidupkan) oli harus berada di batas “COLD”.

• Hidupkan mesin selama beberapa saat sampai mencapai suhu kerja. Setelah mesin dimatikan (kondisi panas), oli harus berada di tanda “HOT” pada dipstick.

Sumber:otomotifnet.com

pituruh
23-09-2011, 07:11 PM
case closed ah...kembali ke opik eh topik..share pengalaman ente pake matik dulu yon...btw di tabloid otoxxxf hari ini ada selembar ototips about matik tuh

yang jelas pake matik gak rugi
overtake pas mudik juga bisa, tinggal bejek, doi ostosmastis downshift ke gigi lebih rendah
di kala macet apalagi, manpaat banget dah
buat yg sedang memadu kasih alias berfacaran, seperti diungkap oleh pria-pria genit diatas, bermanpaat juga krn tangan kiri relatip bebas, jadi bisa melakukan aktipitas ekstra kurikuler
intinya, kalo ada matik, kenapa harus manual, kalo bisa ke spa kenapa harus di kamar mandi? *eh?*

bxit
23-09-2011, 08:47 PM
nice inpo om akabar

akbar
23-09-2011, 11:30 PM
yang jelas pake matik gak rugi
overtake pas mudik juga bisa, tinggal bejek, doi ostosmastis downshift ke gigi lebih rendah
di kala macet apalagi, manpaat banget dah
buat yg sedang memadu kasih alias berfacaran, seperti diungkap oleh pria-pria genit diatas, bermanpaat juga krn tangan kiri relatip bebas, jadi bisa melakukan aktipitas ekstra kurikuler
intinya, kalo ada matik, kenapa harus manual, kalo bisa ke spa kenapa harus di kamar mandi? *eh?*

Yang jelas kadang kalo pake matic pas lagi pengen "agak" kenceng suka gatel buat ngoper gigi.... mungkin harus seperti om spongebob atau om awiwa... punya satu yg matic dan punya satu yang manual.... :)


nice inpo om akabar

sami2 pangeran solo...xixi...boleh copas juga kok tuh...:o

F*Ckerz
04-10-2011, 10:46 AM
nais inpo....dijakarta yang kejam ini emang matic partner yang cocok...:boss

akbar
09-10-2011, 10:22 PM
nais inpo....dijakarta yang kejam ini emang matic partner yang cocok...:boss

Siap juragan..... btw mantab Van signature-nya.... cikal bakal F*CK nih...

masbob
06-11-2011, 01:16 AM
hidup matiiiiiiiiiiccccc.............

akbar
06-11-2011, 05:39 PM
hidup matiiiiiiiiiiccccc.............

Hidupppppppppppppppppp...........................

masbob
06-11-2011, 11:36 PM
Matiiiiiiccccccc,,,,,,,,,,,,

akbar
07-11-2011, 12:37 PM
Yo yang make muatik..sharing2 dimari pengalamannya

masbob
08-11-2011, 11:51 PM
Yo yang make muatik..sharing2 dimari pengalamannya

Ada om, dikiiittt, tapi besok ya daku ceritain, hehe

akbar
20-12-2011, 09:44 PM
Ada om, dikiiittt, tapi besok ya daku ceritain, hehe

Besok e kapan om... wes bulan 12 euy :maho

pituruh
21-12-2011, 09:41 AM
Ada om, dikiiittt, tapi besok ya daku ceritain, hehe

ceritaku dengan mobil matik, waktu itu aku beli mobil matik...
karena aku gak senang dengan mobil matik, akhirnya girboknya aku swap ke manual
karena aku senang balapan, jadinya mobil itu aku pake balapan
itu ceritaku dengan mobil matik-ku, bagaimana ceritamu....?


Besok e kapan om... wes bulan 12 euy :maho

Ferio Community matiK :maksa :D

beruangcokelat
14-02-2012, 11:25 AM
nice inpoh...
mantaaaaaaaaaaabhhhhhhhhhhhhhh...peyoku juga matic

cuki
17-04-2012, 09:37 PM
malam master2 ferio,
butuh info ni...

klo gw nukar matik ke manual gmn ya kira2?
bagus ga??

soalnya gw byk dpt pendapat beda2.
ada yg blg ga usah ditukar, krn mesin gw matic 3-stage vtec.
ada yg blg tukar aja ke manual..

:pusing

thanks buat yg ksh info

akbar
17-04-2012, 09:38 PM
malam master2 ferio,
butuh info ni...

klo gw nukar matik ke manual gmn ya kira2?
bagus ga??

soalnya gw byk dpt pendapat beda2.
ada yg blg ga usah ditukar, krn mesin gw matic 3-stage vtec.
ada yg blg tukar aja ke manual..

:pusing

thanks buat yg ksh info

Tergantung kebutuhan om kalo menurut ane sih.... ane sendiri pake matic karena jakarta macet..cet...cet

cuki
17-04-2012, 09:45 PM
Tergantung kebutuhan om kalo menurut ane sih.... ane sendiri pake matic karena jakarta macet..cet...cet

oooo...begitu ya bro
klo utk kelangsungan si ferio gmn tu?
kira2 klo dganti bakal berulah ga?

akbar
17-04-2012, 09:55 PM
oooo...begitu ya bro
klo utk kelangsungan si ferio gmn tu?
kira2 klo dganti bakal berulah ga?

Kelangsungan bagaimana nih? tetep berdarah matic? atau berdarah manual? kalo soal swap manual nunggu jawaban om tony deh...
tapi kalo berdarah matic... menurut nubi sih... puanjanggggggg...secara limbahan dari sono banyak yang matic en trennya kayaknya semakinbanyak mobil matic hidup didunia yang fana ini....hihihi

cuki
17-04-2012, 09:59 PM
Kelangsungan bagaimana nih? tetep berdarah matic? atau berdarah manual? kalo soal swap manual nunggu jawaban om tony deh...
tapi kalo berdarah matic... menurut nubi sih... puanjanggggggg...secara limbahan dari sono banyak yang matic en trennya kayaknya semakinbanyak mobil matic hidup didunia yang fana ini....hihihi

hahaha...
yayaya....
gw pun blm mau ngerubah ke manual.
msh nyari2 info dl

vierkisiahaan
09-06-2012, 07:36 PM
klo pke matic berasa ada yang kurang aja kayaknya, hahahaa....

summerjam
01-12-2013, 08:26 AM
hidup matic... walaupun dah pernah overhaul.. tapi tetep cinta matic hahaha